5 Tips Makan di Pesawat Agar Makanan Terasa Lebih Lezat


Jika Anda termasuk orang yang sering berwisata menggunakan pesawat pasti tidak dapat benar-benar berselera saat makanan tiba untuk disantap. Kondisi seperti ini memang terdengar sangat klise, sebagian besar populasi penumpang pesawat pasti akan berkata demikian. Hal ini sangat dipengaruhi beberapa hal yang sejatinya tidak disadari secara langsung. Bukan berarti perusahaan catering pesawat menghidangkan makanan hambar, namun lebih karena faktor udara. Di ketinggian udara kita tidak mungkin mendapatkan rasa terbaik seperti di darat betapapun kita mencobanya. Pada ketinggian 30.000 kaki hal pertama yang akan terjadi adalah menurunnya sensitifitas indera perasa yaitu lidah dan indera penciuman yang adalah hidung. Namun, Anda masih bisa menyiasatinya dengan beberapa trik yang bisa diterapkan supaya pengalaman makan Anda di pesawat lebih memuaskan. Berikut 5 trik makan di pesawat agar lebih berselera;

1. Membawa Bumbu Tambahan

Mungkin beberapa dari maskapai penerbangan menyadari tentang masalah rasa makanan di pesawat dan sudah menambahkan lebih banyak bumbu dan garam. Namun, terkadang rasanya masih saja tidak seenak jika makan di darat. Bisa jadi masih terasa kurang asin, kurang manis, atau kurang pedas. Alangkah baiknya Anda membawa bumbu tambahan seperti gula, garam, dan bubuk cabai. Jadi jika makanan Anda terasa kurang lezat Anda bisa langsung tambahkan bumbu sesuai dengan jenis makanan yang disajikan dan sesuai dengan selera Anda.


2. Sesuaikan Makanan Yang Anda Pilih

Makanan yang disajikan di pesawat tentunya sudah dimasak terlebih dahulu di darat, kemudian dibekukan, baru dipanaskan kembali sesaat sebelum disajikan. Jika memungkinkan, ada baiknya Anda memesan makanan dengan olahan lain, misalkan hindari makanan yang digoreng, sebaliknya pesanlah yang dipanggang. Dan hindari pasta atau makanan kering lainnya karena menurut para koki, saat dimakan di udara makanan berkuah lebih lezat dibandingkan makanan kering. Selain itu, hindari memesan makanan yang lambat untuk dicerna, seperti nasi, roti, mi, dan olahan karbohidrat lainnya. Makanan seperti sayur-sayuran, salad, sup, dan seafood lebih disarankan untuk disantap di pesawat karena tidak membuat perut Anda terasa begah ataupun kembung.

Sumber: businessinsider

3. Pilihlah Tempat Duduk di Depan

Saat hendak melakukan perjalanan jauh dengan jarak tempuh yang cukup lama, Anda disarankan untuk memesan tiket pesawat kelas satu ataupun kelas bisnis. Karena selain nyaman dan pelayanannya lebih baik untuk menunjang perjalanan jarak jauh, Anda juga dapat memesan makanan sesuai selera karena biasanya maskapai akan menyediakan koki on board. Namun apa boleh buat jika skenario terburuknya Anda cuma bisa memesan tiket pesawat kelas ekonomi, mungkin karena kehabisan tiket atau memang Anda sedang berhemat. Untuk menyiasati skenario terburuk tersebut Anda bisa memilih tempat duduk di depan. Keuntungannya jika duduk di depan adalah, Anda bisa memilih dan mendapatkan makanan lebih awal karena pramugari melayani makanan berurutan dari depan ke belakang. Jadi dengan duduk di depan Anda tidak perlu khawatir kehabisan makanan dan makanan yang Anda dapatkan akan lebih hangat dan nikmat.


4. Mencermati Kondisi Pesawat

Pastikan Anda tidak makan saat kondisi pesawat sedang take-off atau landing ya, karena kondisinya akan sangat tidak enak. Apalagi saat sedang terjadi turbulensi di pesawat. Selalu cermati kondisi pesawat saat hendak menyantap makanan Anda, karena bisa saja situasi yang tidak pas akan membuat nafsu makan Anda menurun drastis. Pastikan selalu mencermati lampu kursi Anda, jika berwarna hijau artinya Anda aman melakukan segala aktivitas. Dan jika suara bising yang berlebih mengganggu selera makan Anda, silahkan menggunakan earphone dengan menyetel musik yang Anda suka. Hal ini dapat sedikit meredam rasa kurang nyaman yang ditimbulkan karena suara bising berlebih di pesawat.

 
5. Bersihkan Area Makan

Untuk hal yang satu ini mungkin Anda tidak terlalu memperhatikan atau bahkan tidak menyadari. Namun kebersihan area makan bisa mempengaruhi mood makan Anda, lho. Cobalah untuk menata segala sesuatu di meja lipat Anda dengan lebih rapi dan singkirkan barang-barang yang sekiranya tidak dibutuhkan saat makan. Dan jangan lupa untuk meletakkan nampan di meja serta kain makan di pangkuan Anda agar makanan Anda lebih terjaga kebersihannya. Jika Anda menerapkan hal tersebut, pasti sedikit banyak akan menggugah selera makan Anda.

Sumber: travelandleisure


5 Tips Makan di Pesawat Agar Makanan Terasa Lebih Lezat 5 Tips Makan di Pesawat Agar Makanan Terasa Lebih Lezat Reviewed by Bernardus Adhika Sagasitas on March 21, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.