5 Tips Wisata ala Backpacker di Singapura



Singapura menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi hampir sebagian besar orang di Indonesia. Selain jaraknya yang memang sangat dekat, Negara kecil yang hanya memiliki luas wilayah kurang lebih 719,1 km² ini juga menawarkan pengalaman berbeda dalam berwisata, bagaimana tidak seisi kota dan Negara Singapura sudah didukung dengan sarana dan prasarana yang ultramodern. Yang tak kalah penting adalah, Singapura ini merupakan Negara yang sangat bersih dan teratur, pengalaman yang tidak bisa ditemukan di Indonesia tentunya. Meskipun Negara ini tidak memiliki sumber daya alam, namun bukan berarti Negara ini tidak menarik, justru Singapura menjadi alternatif jika anda ingin menikmati wisata yang lain daripada di Indonesia yang sebagian besar wisatanya serba alam. Mengingat harga di Singapura cenderung mahal buat kita orang Indonesia, maka ada baiknya anda menyusun rencana dan mempersiapkan budget. Masalah budget mungkin buat yang punya dana lebih nggak akan masalah, tapi bagaimana jika dana anda pas-pas an? Apakah masih bisa wisata ke Singapura dengan dana minim? Tentu saja bisa, ada beberapa tips yang dapat diikuti jika ingin wisata ala Backpacker di Singapura, berikut tips-tips nya;
  1. Pilihlah Lokasi Penginapan Yang Jauh Dari Pusat Bisnis dan Perbelanjaan


    Jika anda ingin wisata ala backpacker jangan sekali-kali memesan kamar hotel di pusat bisnis atau pusat perbelanjaan. Sangat disarankan untuk memesan kamar di daerah Bugis, karena disana harga yang ditawarkan bervariasi dan lebih murah. Dan yang tidak kalah penting adalah, jangan memesan kamar hotel di peak season karena harga akan naik berkali-kali lipat, selain itu pesanlah kamar jauh-jauh hari. Ada baiknya jika bermalam di penginapan ala hostel, karena dapat sangat menekan budget anda.

    Anda bisa pilih yang menyediakan dorm ataupun campuran, disana anda akan menemukan banyak backpacker-backpacker lain yang tentunya akan menambah relasi anda.

    Anda bisa bertukar cerita/pengalaman yang nantinya akan berguna untuk perjalanan backpacker anda selanjutnyaterlebih jika anda baru pertama kali wisata ala backpacker. 

     

  2.  Rajin-Rajin Mengecek Harga Tiket Pesawat


    Tiket pesawat bisa jadi adalah pengeluaran terbesar jika hendak berwisata ke Singapura, maka bijaklah dalam memesan dan perhatikan tips berikut. Rajin-rajin lah mengecek harga tiket pesawat, anda bisa berlangganan email untuk tetap update di maskapai-maskapai LCC (Low Cost Carrier) dan usahakan untuk cari harga promo.
    Ada beberapa maskapai yang menawarkan harga dibawah rata-rata, antara lain Jetstar, Tigerair, Air Asia, dan Lion Air. Namun jangan takut dan salah sangka dengan maskapai LCC yang menawarkan harga lebih murah, walaupun terdapat penghapusan atau pengurangan beberapa layanan atau fasilitas yang akan didapatkan oleh penerbangan regular, namun maskapai LCC tetap aman untuk digunakan, terbukti dengan tingkat keselamatan LCC di Indonesia yang semakin membaik.
  3.  Manfaatkan Tempat Wisata Gratisan


    Tips wisata ala backpacker selanjutnya adalah dengan memanfaatkan wisata gratisan yang tersedia, contohnya, Chinatown, Little India, Kampong Glam/Arab Quarters, dan Serangoon Road. Disana ada banyak hal yang bisa anda lakukan, seperti jelajah kuliner pinggir jalan yang tentunya menawarkan kuliner lokal klasik.
    Anda juga bisa menyaksikan bangunan peninggalan budaya yang masih kokoh berdiri ditengah kota Singapura yang modern, itung-itung sekalian belajar kultur budaya berbagai macam etnis di Negeri Singa.
  4.  Pilihlah MRT Untuk Keperluan Mobilitas Jarak Jauh


    Selain Bis, MRT merupakan transportasi yang paling umum digunakan oleh warga Singapura. Gunakanlah selalu MRT untuk keperluan mobilitas anda, mengingat transportasi massal ini murah dan dapat menekan budget anda selama di Singapura.
    Yang pasti mobilitas anda disini akan tinggi, jadi anda harus lebih berhati-hati mengeluarkan uang untuk transportasi, bahkan kalau dirasa jaraknya tidak terlalu jauh, berjalan kaki dapat menjadi pilihan bagus daripada naik MRT. Hal yang perlu diperhatikan kalau ingin naik MRT adalah, pelajari jadwal dan rute perjalanan anda, jangan sampai salah rute dan terlambat, karena MRT disini tepat waktu dan bersih tentunya. Kemudian, pembelian tiket dapat dibeli di mesin tiket, atau beli kartu langganan sepert EZ-Link atau Singapore Tourist Pass.

  5.  Membuat Rencana Perjalanan dan Rencana Pengeluaran Selengkap Mungkin
    Yang terakhir dan yang paling penting adalah, rencana perjalanan. Belajarlah untuk merencanakan segala sesuatunya dengan bijak dan baik sebelum melakukan perjalanan ala backpacker, ingat uang anda terbatas dan anda harus komitmen untuk tidak menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak penting. Rencanakan juga berapa uang yang harus disisihkan untuk makan dan berapa uang yang akan disisihkan untuk membeli oleh-oleh.


    Nggak semua makanan di Singapura mahal kok, banyak makanan kaki lima dengan harga terjangkau yang rasanya berkelas dan mengenyangkan, contohnya Nasi Ayam Hainan, Nasi Lemak, Mie Laksa, Roti Prata, dll. Untuk membeli oleh-oleh dengan harga miring, anda bisa menuju ke Bugis Street, China Town, dan Lucky Plaza di Orchard Road. Namun ingat ya jangan khilaf, belanja dan makan seperlunya saja. Semoga perjalanmu lancar.

 



5 Tips Wisata ala Backpacker di Singapura 5 Tips Wisata ala Backpacker di Singapura Reviewed by Bernardus Adhika Sagasitas on August 30, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.